Home » » Tips Memelihara Landak Mini

Tips Memelihara Landak Mini

Written By haris khan on Minggu, 05 Mei 2013 | 20.11

Cara Memelihara Landak Mini


Bagaimana cara merawat lamndak mini, jika anda pernah memelihara hamster, nah memelihara/perawatan landak mini tidak terlalu beda dengan hamster. Landak mini dan hamster merupakan hewan mamalia yang nokturnal (aktif di malam hari) sehinggapun perewatannya tidak terlalu berbeda.
Salah satu alasan yang paling sering diucapkan oleh orang yang menyerah terhadap hewan peliharaannya adalah, “Hewan itu tidak seperti apa yang saya harapkan”. Hal ini juga sering terjadi pada hewan peliharaan anjing dan kucing, termasuk hewan peliharaan yang tidak biasa seperti landak mini tanpa terkecuali.
Jadi, jika anda tidak tahu bagaimana merawat landak mini dengan baik atau tidak menyadari karakter landak mini, maka anda tidak dapat membuat keputusan apakah landak mini adalah hewan peliharaan yang cocok untuk anda atau tidak.
Daftar di bawah ini dapat membantu anda untuk mengetahui apakah cocok atau tidaknya:
  • Anda harus menyediakan makanan berkualitas dan air bersih secara teratur.
  • Anda harus membersihkan kandang landak mini satu kali dalam seminggu.
  • Landak mini harus tetap dalam keadaan hangat, jika tidak akan sakit dan mati.
  • Anda akan selalu disibukkan dalam menangani landak mini, walaupun landak mini aktif pada malam hari.
  • Landak mini akan mengurapi dirinya sendiri (self-anointing) misalnya, meludah dan menjilati tubuhnya.
  • Landak mini lebih baik jika ditangani setiap hari, walaupun hanya beberapa menit.
  • Landak mini akan lebih nyaman jika memiliki tempat untuk bersembunyi.
  • Landak mini yang galak mungkin saja tidak akan pernah bisa menjadi jinak, meskipun mereka sering menunjukkan peningkatan perilaku selama bertahun-tahun.
  • Landak mini dapat menggigit, meskipun hal ini jarang terjadi.
  • Dua landak jantan mungkin tidak akan saling akur dalam satu kandang, tapi dua landak betina mungkin bisa.
  • Umur landak mini mencapai 3 sampai 6 tahun, dan kanker menjadi penyebab kematian umum pada landak tua.
  • Landak mini akan menikmati barang-barang yang bisa dipanjat atau dimasuki untuk bersembunyi.
  • Landak mini mungkin mengeluarkan kotorannya pada pakaian anda, terutama bayi landak yang tidak memiliki “sopan santun”.
  • Kebanyakan bayi landak mini akan melalui periode “quilling” dan akan sangat pemarah untuk sementara waktu.
  • Anda mungkin memerlukan paling sedikit satu kali kunjungan ke dokter hewan untuk masalah kutu. Jenis hama kecil ini tidak spesifik, dan dapat berasal dari sumber-sumber seperti alas kandang atau hewan lainnya.
Landak mini anda mungkin tidak pernah aktif berinteraksi dengan anda. Namun beberapa landak mini mungkin melakukannya.
Landak mini telah menjadi hewan peliharaan yang menarik perhatian banyak orang di Indonesia. Duri-durinya, perilaku mereka, serta ukurannya yang kecil disukai jutaan orang yang mengaku sebagai pencinta landak mini. Sebelumnya, landak mini mungkin tidak banyak dikenal di daerah-daerah tertentu. Tapi sekarang, peternakan berskala kecil mulai banyak tumbuh di berbagai daerah, selain itu berbagai media cetak, tv maupun online telah banyak membahas landak mini. Sehingga semakin hari landak mini semakin dikenal sebagai hewan peliharaan yang menyenangkan.
Selain memiliki sifat yang lucu dan bersahabat, landak mini juga siap untuk menyesuaikan gaya hidupnya dengan sang pemilik. Landak mini bisa menjadi Diurnal (bangun di sebagian siang dan malam) sehingga setiap orang dapat menemukan waktu yang tepat untuk menikmatinya. Landak mini tidak memerlukan banyak ruang dan kebutuhan makanan mereka sangat mudah dicari. Juga karena pada dasarnya landak mini adalah hewan soliter maka landak mini tidak membutuhkan penemanan hewan lain.
Tidak seperti hamster, marmut dan hewan pengerat lainnya, landak mini tidak menghasilkan bau yang menyengat. Masa hidup landak mini juga jauh lebih lama daripada hamster. Dengan perawatan yang tepat, landak mini anda bisa hidup hingga 8 tahun. Landak mini tidak memerlukan vaksin dan sangat tahan penyakit. Sehingga banyak orang menganggap landak mini sebagai hewan peliharaan yang sempurna.
Landak mini memiliki wajah manis seperti rakun, dilengkapi dengan mata kecil dan hidung runcing yang berkedut terus-menerus, memeriksa aroma (bau) di sekitarnya. Meskipun tidak ada hubungan dengan landak jenis porcupine, banyak orang kadang-kadang keliru terhadap landak mini karena duri yang menutupi punggungnya. Namun, duri landak mini sangat berbeda dengan landak pourcupine. Duri landak mini tidak begitu tajam dan memilik ukuran yang kecil. Perut landak mini pun kecil dan ditutupi oleh rambut-rambut yang halus. Ketika ketakutan, landak mini dapat menggulung menjadi bola dan terlihat seperti landak laut. Landak mini memiliki ekor yang pendek, dan hampir jarang terlihat karena tertutupi oleh tubuhnya. Dengan kaki kecilnya serta tubuh yang bulat, landak mini dapat menyuguhkan tontonan yang menarik ketika mereka berlari-lari di atas lantai.
Landak mini memiliki ketenangan dan kelembutan yang membuat mereka sangat menyenangkan untuk dipelihara. Tiap landak mini memiliki kepribadian yang berbeda dan dapat selaras dengan pemiliknya seumur hidup (dengan asumsi anda membeli landak mini yang jinak). Landak mini memiliki kecerdasan yang tidak terduga, menyenangkan untuk diajak bermain dan tentu saja sangat menghibur.
Landak mini suka bermain dengan terowongan, labirin dan roda yang dirancang khusus. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti tabung kertas dari tisu toilet akan membuat sebuah mainan yang baik, mereka akan memasukkan kepalanya ke dalam tabung kertas dan belari kesana kemari. Meskipun landak mini adalah hewan soliter, mereka dapat menjadi sangat sayang dengan pemiliknya dan bahkan akan menikmati menonton TV dengan anda atau hanya meringkuk di pangkuan anda.
Memelihara landak mini cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan kandang dari kontainer plastik dan disimpan di ruangan dengan suhu sekitar 240 C hingga 280 C. Landak mini bisa diberi makan dry cat food (makanan kucing kering) yang berkualitas baik atau makanan yang diformulasikan khusus untuk landak mini. Landak mini tidak mendaki tirai atau menggigit-gigit furnitur sehingga mereka tidak akan merusak perabotan anda.
Saat ini, harga landak mini sangat variatif. Tergantung pada warna, jenis kelamin, umur, sifat dan kesehatan landak mini tersebut. Jika anda ingin memulai memelihara landak mini, cobalah anda beli satu ekor dulu sehingga anda bisa mengenal karakter dan kehidupan landak mini lebih dalam lagi.

0 komentar :

Poskan Komentar








Umurnya kamu berapa ya?